PERSIDEN PERINTAHKAN PEMERINTAH DAERAH UNTUK SECEPATNYA MERELOKASI WARGA, KORBAN BANJIR

0
147

Jokowi, “Temui Warga Korban Banjir Bandang Di Posko Pengungsian

Jayapura. Presiden Republik Indonesia (Jokowi) dalam lawatannya ke Jayapura, Persiden bertemu langsung dengan para pengungsi banjir bandang Sentani di GOR Toware, Sentani, Jayapura, Papua.

Persiden Jokowi, perintahkan untuk segera mendata dan bergerak cepat dalam melakukan relokasi rumah masyarakat yang terkena dampak banjir bandang Sentani.

“Ya ini harus secepatnya direlokasi karena tempat yang lama rawan terjadinya bencana longsor. Dan masyarakat butuh tempat tinggal, ” Tegasnya, Jokowi, Senin (1/4/2019).

Presiden Republik Indonesia menyampaikan, tempat relokasi rumah masyarakat nantinya akan ditentukan Gubernur Papua dan Bupati Kabupaten Jayapura.

“Pemerintah Pusat akan membantu dalam pembangunan rumahnya masyarakat. Saya kira itu, dan dalam penetapan lokasi agar secepatnya ditentukan lokasinya sehingga masyarakat dapat kepastian di mana dan segera rumah itu akan dibangun,” ujarnya.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono juga menyampaiakn larang keras kepeda siapapun dengan adanya pembalakan liar atau penebangan liar yang dilakukan di wilayah cagar alam Gunung Cyclop, Jayapura, Papua. Kegiatan yang merusak ekosistem sehingga derasnya aliran air tidak bisa terserap.” tuturnya.

Menurut saya (Basuki), Pembalakan liar atau penebangan liar yang dilakukan masyarakat di cagar alam pegunungan tidak bisa dibenarkan. Sebab, apa yang mereka dapatkan dari hasil pembalakan liar atau penebangan pohon liar tidak sebanding dengan dampak banjir bandang seperti ini.

“Jadi dilarang keras, semua pihak harus mendukung dan menyuarakan itu. Kedepan Pak BNPB, nanti akan bersama TNI/Polri juga. Yang di pelopori oleh Gubernur (Papua). Bupati/Walikota juga,” katanya.

Tinggalkan Balasan