PERKEMBANGAN COVID-19 PER 30 MEI 2020 DI INDONESIA, 10 PROVINSI TIDAK ADA PENAMBAHAN KASUS POSITIF

0
374
Achmad Yurianto. Sumber Gambar covid19.go.id

JAKARTA, “tabloidnusantara.com”. – Dalam 24 jam terakhir terhitung mulai hari Jumat (29/5) pukul 12.00 WIB sampai dengan hari Sabtu (30/5) pukul 12.00 WIB, berdasarkan pemeriksaan 11.361 spesimen  diperoleh hasil positif Covid-19 sebanyak 557 orang sehingga jumlah total kasus positif menjadi 25.773 orang.  Demikian disampaikan Juru Bicara Pemerintah Untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto dalam konferensi pers di Gedung BNPB Jakarta, Sabtu (30/5) sore.

Sementara itu data penambahan cukup signifikan terdapat pada data pasien sembuh yaitu sebanyak 523 orang sehingga jumlah total pasien sembuh sampai hari ini adalah 7.015 orang. Untuk kasus kematian bertambah 53 orang sehingga jumlah total kasus kematian sebanyak 1.573 orang.

Dalam konferensi persnya Achmad Yurianto juga menyampaikan bahwa pemerintah masih melaksanakan pemantauan terhadap orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 47.714 dan pasien dalam pengawasan (PDP) yang masih dalam pengawasan sebanyak 12.832 orang. Sejumlah 414 kota/kabupaten dari 34 provinsi di tanah air sudah terdampak Covid-19.

Infografis Covid-19 Indonesia Per 30 Mei 2020. Sumber Gambar covid19.go.id

“Apabila kita mencermati data yang ada terdapat 10 provinsi yang pada hari ini melaporkan bahwa tidak ada penambahan kasus positif di daerahnya. Namun masih ada 5 provinsi yang masih memiliki angka penambahan kasus positif yang cukup tinggi, yang terbanyak adalah Jawa Timur,” jelas Achmad Yurianto.   

Menurut Yuri, data penambahan kasus positif di Jawa timur cenderung naik dibandingkan pada hari kemaren. Sementara DKI Jakarta meskipun angka penambahannya tinggi, cenderung turun dibandingkan hari kemaren. Namun khusus DKI Jakarta, penambahan kasus positif tidak seluruhnya berasal dari wilayah administrasi DKI Jakarta, karena kita ketahui bersama bahwa sebagian besar saudara-saudara kita yang bekerja di luar negeri dan kembali, masuknya melalui Bandara Sukarno Hatta. “Sudah menjadi ketentuan pemerintah bahwa mereka harus dilaksanakan pemeriksaan dan beberapa dinyatakan positif Covid-19, hanya datanya masuk administrasi wilayah DKI Jakarta” lanjut Yuri

Sulawesi Selatan dan Kalimantan tengah juga mengalami kenaikan dibandingkan hari kemaren. Provinsi Jawa Barat meskipun angkanya masih tinggi namun data penambahan kasus positif pada hari ini cenderung turun. Berikut data lengkap penyebaran Covid-19 di 34 provinsi:

Kembali Yuri menyampaikan bahwa masih adanya penambahan kasus positif pada hari ini menggambarkan masih adanya penularan Covid-19, masih ada orang yang membawa virus yang berada ditengah-tengah kita dan masih ada orang orang yang rentan tertular. “Oleh sebab itu mari sekali lagi kita patuhi untuk menjaga jarak, kita tidak pernah tahu siapa yang berada diluar yang membawa virus ini. Karena banyak sekali orang yang membawa virus ini tanpa keluhan apapun atau dengan gejala yang kecil sekali, mereka tidak pernah sakit,” lanjut Yuri.

Yuri juga mengingatkan untuk tetap menggunakan masker apabila keluar rumah supaya terlindung dari broklet. Begitu juga selalu membiasakan diri untuk cuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama setidaknya 20 detik. Kemudian mulai mempertimbangkan penting atau tidaknya keluar rumah. Apabila dirasa penting, batasi waktu dan segera kembali pulang kerumah, ganti masker yang baru, ganti baju dan mandi, setelah itu baru bisa menyentuh keluarga kita.

Sumber Berita: covid19.go.id

Tinggalkan Balasan