PENULARAN COVID-19 MASIH BERLANGSUNG, DITEMUKAN 1.282 KASUS POSITIF BARU

0
143
Achmad Yurianto. Sumber Gambar https://covid19.go.id/
Achmad Yurianto. Sumber Gambar https://covid19.go.id/

JAKARTA, “tabloidnusantara.com”. – Penularan Covid-19 masih berlangsung di tanah air. Sejumlah 1.282 kasus positif baru ditemukan dalam 24 jam terakhir , hasil dari pemeriksaan 13.100 spesimen. Jumlah tersebut menambah jumlah total spesimen yang diperiksa menjadi 1.074.467.

Juru Bicara Pemerintah Untuk Penanganan Covid-19, Ahmad Yurianto menegaskan bahwa pihaknya beberapa minggu terakhir selain melaksanakan tracing secara masif terhadap kontak dekat kasus terkonfirmasi positif, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 juga melaksanakan pemeriksaan spesimen secara masif di laboratorium.

Dari pemeriksaan spesimen secara masih ditemukan 1.282 kasus positif, sehingga jumlah total kasus positif menjadi 76.981 orang. Sementara untuk pasien sembuh bertambah 1.051 orang sehingga jumlah total pasien sembuh mejadi 36.689 orang. “50 orang dilaporkan meninggal hari ini, sehingga jumlah total kasus meninggal menjadi 3.656,” jelas Yuri saat melaksanakan konferensi pers di Gedung BNPB Jakarta, Senin (13/7) sore.

Kepatuhan terhadap Protokol Kesehatan

Menyikapi penambahan ini Yuri mengatakan bahwa penularan Covid-19 disebabkan masih banyak masyarakat di sekitar kita yang belum menjalankan protokol kesehatan dengan baik. Masyarakat belum secara disiplin dan konsisten untuk menggunakan masker. “Ini yang menjadi salah satu penyebab penambahan kasus akan terus-menerus terjadi,” tegasnya.

“Kita tidak tahu siapa yang terkena dan kemudian, membawa virus ini berada di sekitar kita,” imbuhnya. Oleh karena itu Yuri menghimbau agar masyarakat  selalu menggunakan masker, mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir sesering mungkin. Setiap individu diminta proaktif untuk mematuhi etika berada di ruang publik, seperti kendaraan umum, tempat kerja, pasar, mengingat penularan Covid-19 masih berlangsung.

“Kami memberikan beberapa contoh yang mungkin lebih mudah bahwa, penularan ini bisa dilakukan oleh droplet yang ukurannya kecil yang bisa melayang di udara dalam waktu yang relatif lama. Apalagi, ruangan itu tanpa sirkulasi udara sama sekali,” ujar Yuri. 

Sebaran Covid-19

Menyinggung sebaran Covid-19 pada hari ini, Yuri menyebutkan bahwa DKI Jakarta melaporkan 281 kasus baru, Jawa Timur melaporkan 219 kasus baru, Sulawesi Selatan melaporkan 124 kasus baru, Jawa Tengah melaporkan 100 kasus baru, Papua melaporkan 98 kasus baru dan Jawa Barat melaporkan 83 kasus baru.

Sementara itu, 19 provinsi hari ini melaporkan kasus baru dibawah 10, dan 9 provinsi tidak ada penambahna kasus baru diantaranya Aceh, Bangka Belitung, Bengkulu, Jambi, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, Sulawesi Tengah, Papua Barat, Nusa Tenggara Tenggara Timur. Sejumlah 461 kota/kabupaten dari 34 provinsi di tanah air sudah terdampak Covid-19.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun Gugus Tugas, sejumlah 33.504 Orang Dalam Pemantauan (ODP) masih dalam pemantauan secara terus menerus. Sedangkan 13.349 Pasien Dalam Pengawasan dilaksanakan pengawasan secara ketat untuk dipantau kondisi kesehatannya.

Sumber Berita: https://covid19.go.id/

Tinggalkan Balasan