PEKALONGAN MULAI MELIRIK ANALISIS BIG DATA MENUJU SMART CITY

0
26
ilustrasi, Analisa Big Data

PEKALONGAN, “tabloidnusantara.com” – Era teknogi, Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan mulai melirik Analisis Big Data sebagai upaya menuju Smart City. Hal itu dilaksanakan dengan menggandeng PT Telkom untuk memperkenalkan platform analisis milik perusahaan milik negara itu.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kota Pekalongan, Yos Rosyidi mengungkapkan, sejak tahun 2018 Kota Pekalongan terpilih sebagai salah satu kota/kabupaten di Indonesia dalam program menuju 100 Smart City.

BACA JUGA : TIPS MEMPROTEKSI SMARTPHONE AGAR SEMAKIN AMAN

Dengan menggandeng PT Telkom dengan Analisis Big Data tentu akan sangat membantu percepatan implementasi smart city di Kota Pekalongan. “ujarnya.

Meskipun demikian, secara internal kami akan mengidentifikasi terlebih dahulu hal-hal yang dibutuhkan oleh Kota Pekalongan untuk kemudian didiskusikan kembali dengan tim PT Telkom.

Yos menambahkan, nantinya hasil paparan final akan dilaporkan kepada Wali Kota Pekalongan. Dari situ, akan ditentukan apakah platform big data milik perusahaan plat merah itu cocok diterapkan di Kota Batik.

Manager PT Telkom Wilayah Telekomunikasi (Witel) Pekalongan, Atik Rahmawati Tri Astuti menjelaskan, PT Telkom berupaya mendukung smart city melalui big data. Melalui big data, akan tersaji berbagai data dari berbagai sektor, selanjutnya menjadi bahan analisis pemerintah sesuai kebutuhan.

BACA JUGA : MENGENAL APA ITU CACHE, JENIS DAN FUNGSINYA

“Big data sangat penting untuk pemerintahan, pasalnya melalui big data pemerintah akan dapat menganalisis dan membuat solusi untuk kebijakan ke depannya,” papar Atik.

Big data, lanjut Atik, dapat dimanfaatkan untuk masalah UMKM, lalu lintas, CCTV, dan sebagainya. Menurutnya, support big data akan memberi data menyeluruh mulai dari prediktif, perspektif, dan analitik. Analisis big data ini seperti satu data. “Data yang tersebar akan dijadikan satu,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan