MENINGKAT LAGI, 1.155 POSITIF COVID-19, 59 SEMBUH DAN 102 MENINGGAL

0
25
Achmad Yurianto. Sumber Gambar CNN Indonesia dan Kemenkes
Achmad Yurianto. Sumber Gambar CNN Indonesia dan Kemenkes

JAKARTA, “tabloidnusantara.com“. – Peningkatan kasus positif Covid-19 terus meningkat dan terjadi penambahan sejumlah 109 kasus, sehingga jumlah total 1155 kasus. Pada pasien sembuh terjadi peningkatan sejumlah 13 pasien sehingga jumlah total 59 pasien. Sementara untuk kasus meninggal bertambah 15 orang, sehingga jumlah total menjadi 102 orang. Data tersebut disampaikan oleh juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, Sabtu (28/3) sore di gedung BNPB Jakarta.

Achmad Yurianto menjelaskan bahwa peningkatan ini cukup memprihatinkan. Konfirmasi data yang diambil mulai hari Jumat 27 Maret 2020 pukul 12.00 WIB sampai dengan hari Sabtu 28 Maret 2020 pukul 12.00 WIB menunjukkan bahwa masih adanya penyebaran Covid-19 ditengah masyarakat. “Penyebaran Covid-19 masih terjadi, kontak dekat masih terjadi dan kebiasaan mencuci tangan menggunakan sabun belum dimaksimalkan,” terang Yuri.

Sebelumnya Achmad Yurianto memaparkan upaya-upaya yang sedang dilakukan Pemerintah, untuk melaksanakan pressing menelusuri dengan screening dan pemeriksaan cepat kontak dekat kasus positif Covid-19.

Selain itu, Yuri juga menyebutkan bahwa saat ini pemerintah melakukan perawatan bagi pasien yang positif baik dengan isolasi diri maupun isolasi dirumah sakit. Dengan isolasi diri yang baik maka akan diberikan jaminan tidak ada penyebaran lebih lanjut kepada keluarga maupun masyarakat. Apabila tidak mampu melaksanakan isolasi diri maka disiapkan rumah sakit pemerintah maupun swasta untuk melaksanakan perawatan dan pemeriksaan lebih lanjut.

Pandemi Covid-19. Sumner Gambar Kemenkes

Yuri juga menghimbau agar masyarakat tetap melakukan social distancing atau fisical distancing. “Tinggal dirumah, tidak perlu keluar, jauhi kerumunan, hindari pertemuan yang dihadiri orang banyak, gunakan masker, jaga jarak,dan aktivitas makan menggunakan alat sendiri merupakan isolasi diri yang baik,” himbau Yuri

Tidak lupa pemerintah mengajak masyarakat untuk mengalakkan hidup sehat dengan budaya cuci tangan menggunakan sabun, karena indikasi penyebaran dan penularan paling banyak dan mudah terjadi melalui tangan.

Sumber berita kemkes.go.id dan CNN Indonesia

Tinggalkan Balasan