LESTARIKAN TRADISI BUDAYA, BABINSA YAPSEL IKUT SERTA ANTAR MAS KAWIN DARI TRADISI ADAT SAIRERI

0
199

Dekat Dengan Warga Binaan Sertu Saharudin Ikut Serta Dalam Prosesi Adat Pengantaran Mas Kawin, Untuk Melestarikan Tradisi Budaya

Yapen, Dekat dengan warga binaan, Babinsa Koramil 1709-01/Yapsel Sertu Saharudin ikut serta dalam prosesi adat pengantaran mas kawin dari warga Kampung Warari Distrik Anotaurai Bpk.Eki Soni Aba Way kepada Lenora Sembai Kamarea warga Kampung Turu Distrik Yapen Selatan, Minggu (31/03/2019).

Dengan mengikuti tradisi adat Saireri di Kab. Kep. Yapen, dimana mas kawin dipercayai sebagai bagian dari ritual adat dan sudah dilaksanakan secara turun-temurun sampai dengan saat ini. Adapun barang yang akan diserahkan kepada mempelai wanita diantaranya Uang, Piring Makan, Piring Antik/Piring Dinding (Piring Gantung), Mole-Mole (Guci), Sireu (Manik-manik lebar) dan Ampa ( gelang putih tebal terbuat dari batu).

Hadirnya Babinsa ditengah-tengah warga dalam suasana yang bergembira ini pun merupakan wujud kedekatan dan keakraban dari Babinsa dengan warga binaannya. keberadaannya di desa binaan yang selalu ada bersama warga baik suka maupun duka, senantiasa Babinsa selalu hadir di tengah-tengah warganya dan hal ini merupakan wujud kemanunggalan TNI dan Rakyat.

“Sebagai ujung tombak satuan, sudah memang menjadi tugas kami sebagai Babinsa untuk hadir dan turut membantu warga baik itu dalam suka maupun duka. Sehingga kedekatan dan rasa kekeluargaan akan terwujud. Dan juga tradisi budaya bangsa seperti tradisi penyerahan mas kawin dari adat Saireri ini, perlu kita jaga dan lestarikan bersama sebagai warisan budaya bangsa, yang memiliki ragam budaya dan juga adat istiadat,” pungkas Sertu Sahar.

Dari keluarga Eki Soni menyampaikan bahwa hadirnya Babinsa memberikan kesan tersendiri bagi kami saat prosesi antar mas kawin. “Dengan sosok Babinsa yang menggunakan pakaian dinas lengkapnya ikut mengantar, adalah merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi keluarga kami. Dan juga pak Sahar ini memang kerap hadir ditengah warga baik dalam suka maupun duka untuk membantu warga,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan