LATIHAN GABUNGAN, TANGGAP PENANGGULANGAN BENCANA ALAM

0
83

YAPEN, “tabloidnusantara.com” – Personel gabungan Korem 173/PVB, Kodim 1709/Yawa, Kipan E Yonif RK 753/AVT, Polres Kepulauan Yapen, Polairud, BNPB, Basarnas Serui, Damkar, dan Pramuka SWK serta masyarakat yang ditunjuk menggelar simulasi Latihan Penanggulangan Bencana Alam di wilayah Kabupaten Kepulauan Yapen.

Kegiatan latihan yang dibuka oleh Kepala Seksi Operasi (Kasi Ops) Korem 173/PVB Letkol Inf Rudianto mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk melatihkan kemampuan tanggap darurat terhadap bencana alam.

BACA JUGA : DANREM 172/PWY SAMBUT KUNKER MENKO PMK DI PROVINSI PAPUA

“Kegiatan latihan ini merupakan salah satu upaya kita dalam mengedukasi masyarakat, kemudian melatihkan semua aparat terkait dan juga masyarakat yang terlibat dalam latihan ini sehingga memiliki kesadaran dan kemampuan untuk penyelenggaraan pencegahan atau tanggap darurat apabila terjadi bencana alam,” ujar Kasi Ops.

Dalam Latihan Penanggulangan Bencana Alam ini, disimulasikan bahwa telah terjadi gempa bumi yang berdampak tsunami di wilayah Kabupatan Kepulauan Yapen. Dengan Kampung Serui Laut Distrik Yapen Selatan yang terkena dampak terparah dalam bencana ini.

BACA JUGA : KOREM 172/PWY TERIMA KUNJUNGAN WAASTER KASAD

Dengan adanya latihan ini, selain aparat yang terlibat dalam kegiatan latihan, masyarakat Serui Laut yang menjadi lokasi latihan pun secara tidak langsung akan mempunyai gambaran dan tahu harus berbuat apa serta mencari tempat yang aman dan mencari secepatnya pertolongan di waktu ada bencana alam.

Tinggalkan Balasan