Minggu, Juli 21, 2024
BerandaHANKAMLAKUKAN ANALISA PEMBINAAN HANPANG, TIM ANALIS PUSAT INFORMASI TERITORIAL DATANGI KODIM BELU

LAKUKAN ANALISA PEMBINAAN HANPANG, TIM ANALIS PUSAT INFORMASI TERITORIAL DATANGI KODIM BELU

Belu, “TABLOIDNUSANTARA” – Tim Analis Pusat Informasi Teritorial Pusterad yang dipimpin oleh Letkol Inf Nur Cholis, bersama Mayor Inf Hery Susanto melakukan kunjungan kerjanya ke Kodim 1605/Belu, pada Selasa (12/7/2022).

Kedatangan Tim Analis Pusat Informasi Teritorial Pusterad tersebut dalam rangka melaksanakan sharing dan silahturahmi terkait permasalahan atau kendala yang dihadapi di bidang pertanian dan ketahanan pangan di wilayah teritorial Kodim 1605/Belu.

Analisa Kegiatan Pembinaan Ketahanan Pangan yang berlangsung di Aula Darma Andika tersebut dihadiri oleh Dandim 1605/Belu Letkol Arh Suhardi, S.T., PLT. Kadis Pertanian Gela Lay Rade, S.Pt, Kabid Sarana Distribusi dan Stabilisasi Perdagangan, Drs. Rainer M. Koly, Kabid Kelembagaan dan Pengawasan Dinas Koperasi Emmy E. Giri.

Dalam sambutanya, Dandim 1605/Belu Letkol Arh Suhardi mengucapkan terima kasih atas kedatangan tim Pusterad di wilayah Kodim 1605/Belu dalam rangka untuk mengambil sampel dalam kajian analisa kegiatan pembinaan Ketahanan Pangan Apkowil pada Tahun 2022 ini.

Menurut Dandim Suhardi, ketahanan pangan ini sendiri bukan berarti harus difokuskan di bidang pertanian semata, namun ketahanan pangan itu mencakup juga bidang peternakan. Karena untuk wilayah timur khususnya di NTT ini terkenal dengan penghasil sapi timur yang berkualitas.

“Melalui kegiatan ini diharapkan kita sama-sama dapat menganalisa yang jelas karena kita tidak bisa meratakan ketahanan pangan itu di setiap wilayah, tergantung dari situasi dan kondisi di wilayah tersebut, sehingga kedepannya menghasilkan kajian yang lebih baik lagi,” kata Dandim.

Sementara itu, dalam sambutan Danpusterad yang dibacakan oleh Ketua Tim Analis Pusat Informasi Teritorial Pusterad Letkol Inf Nur Cholis manyampaikan bahwa ketahanan pangan merupakan salah satu faktor penentu dalam stabilitas nasional suatu negara baik di bidang ekonomi, keamanan, politik dan sosial.

“Dalam melaksanakan tugas pokok TNI di dalam operasi militer selain perang salah satu tugas TNI diantaranya menjaga stabilitas ketahanan pangan sehingga terpeliharanya kondisi sosial yang kondusif,” ujar Danpusterad dalam sambutannya.

Lebih lanjut dalam sambutan yang dibaca oleh Letkol Nur Cholis tersebut dikatakan bahwa Kodim 1605/Belu sebagai salah satu Satuan Komando Kewilayahan selama ini telah berupaya menyelenggarakan kegiatan pembinaan ketahanan pangan di wilayah Kabupaten Belu dan Kabupaten Malaka ini.

“Harapan saya dengan penyelenggaraan kegiatan tersebut dapat mewujudkan upaya pemberdayaan wilayah pertahanan aspek darat dalam rangka mendukung tugas pokok TNI AD serta mewujudkan kemanunggalan TNI dan Rakyat,” tandasnya.

Dengan perkembangan situasi dan kondisi yang terjadi di wilayah Kodim 1605/Belu, tentunya kegiatan pembinaan ketahanan pangan yang dilaksanakan selalu memerlukan pembenahan dan penyempurnaan.

Untuk itu Pusterad selaku pembina teknis teritorial perlu mendapat saran dan masukan dari berbagai komponen bangsa tentang pelaksanaan program pembinaan ketahanan pangan yang telah dilaksanakan oleh Kodim 1605/Belu.

“Saran dan masukkan tersebut nantinya akan dianalisa guna mendapatkan suatu kesimpulan tentang program pembinaan ketahanan pangan Kodim sebagai masukan kepada KASAD guna menentukan kebijakan di bidang teritorial di masa mendatang,” tutup Danpusterad dalam sambutan yang dibacakan oleh ketua tim tersebut.

Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi atau sharing terkait permasalahan atau kendala yang dihadapi di bidang pertanian dan ketahanan pangan yang terjadi di wilayah Kodim 1605/Belu sehingga kendala yang dihadapi tersebut akan dilaporkan ke pusat untuk perbaikan pembenahan program ketahanan pangan ke depan.

Hadir juga dalam kegiatan itu Danramil 1605-07/Wedomu Kapten Inf I Nyoman Suastika, Pasiter Kodim 1605/Belu Kapten Inf Alex Bessie, Kepala Desa Umaklran Agustinus M Nai Bili, Ketua Poktan Lima Bersaudara Ulurikus Siku serta para Babinsa jajaran Koramil Kodim 1605/Belu. (Kodim 1605/Belu)

Tabloid Nusantarahttps://tabloidnusantara.com/
Membuka Wawasan Dan Mencerdaskan
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments