Kamis, April 18, 2024
BerandaEKONOMIKuliner Lebaran Khas dari Jawa Barat

Kuliner Lebaran Khas dari Jawa Barat

TABLOID KULINER, “tabloidnusantara.com” – Indonesia adalah negara yang kaya akan kuliner khas disetiap daerah masing-masing. Seperti di Jawa Barat, ada tiga makanan khas Lebaran yang sangat lezat dan bikin ngiler.

“Makanan Lebaran khas Jawa Barat sebenarnya ditemukan di hampir seluruh wilayah Indonesia. Karena beberapa jenis makanannya memang cukup populer.

READ ALSO : BABINSA BANTU WARGANYA MENGOLAH SAGU SECARA MANUAL

Berikut ini tiga makanan khas Lebaran di Jawa Barat yang dilansir dari kumparan.com.

  1. Karedok
Ilustrasi karedok bandung, makanan khas Sunda. (DOK. SAJIAN SEDAP)

Karedok adalah makanan khas Jawa Barat yang dibuat dari sayur-sayuran mentah seperti kacang panjang, daun kol, tauge, kacang tanah, ketimun, dan daun kemangi. Lalu, sayuran tersebut disiram dengan sambal kacang yang dibuat dari cabai merah, bawang putih, kencur, air asam, gula jawa, garam dan terasi. Supaya lebih kenyang, biasanya menyantap karedok dengan tambahan lontong dan kerupuk.

Satu hal yang menjadi ciri khas dari karedok ini adalah bahannya yang menggunakan oncong bakar. Jika tidak menggunakan oncong bakar maka disebut dengan lotek mentah.

  1. Nasi Tutug Oncom

Kata ‘tutug’ dalam bahasa Indonesia artinya tumbuk atau aduk. Sedangkan, oncom adalah sebuah produk fermentasi olahan tempe. Nasi tutug oncom berisi lalapan tahu, tempe, ayam goreng, telur dadar, ikan asin, sambal merah atau sambal goang dibuat dari cabai rawit hijau dan bumbu penyedap. Oncom tersebut kemudian digeprek dengan bumbu kencur dan cabai rawit.

Karena oncom tidak bisa tahan lama, maka sebaiknya nasi tutug oncom ini harus disajikan dalam keadaan hangat. Rasanya yang enak dan gurih, membuat nasi tutug oncom digemari semua kalangan.

  1. Nasi Timbel
Foto: Getty Images/iStockphoto/dadang darmawan

Nasi timbel menggunakan bungkusan daun pisang dan disajikan bersama lauk, seperti ikan, ayam goreng, sampai daging. Tidak lupa, lalapan dan sambal sebagai pelengkap.

READ ALSO : KOPI WONOGIRI MENDUDUKI POSISI TIGA BESAR DI TINGKAT PROVINSI JAWA TENGAH

Dalam setiap kesempatan, masyarakat Jawa Barat memang terbukti lebih menyukai makanan dari sayuran segar dan mentah yang biasa disebut sebagai lalapan. Sayuran ini menjadi teman makan sambal ataupun pelengkap nasi panas.

Lalapan merupakan budaya masyarakat Tanah Pasundan yang masih tidak diketahui jelas asal-usulnya. Walau demikian, lalapan menjadi tradisi yang tidak bisa ditinggalkan.

Tabloid Nusantarahttps://tabloidnusantara.com/
Membuka Wawasan Dan Mencerdaskan
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments