Sabtu, Juli 20, 2024
BerandaHANKAMKORBAN PENYERANGAN KSTP BELUM DITEMUKAN, APARAT MASIH PATROLI RADIUS TKP

KORBAN PENYERANGAN KSTP BELUM DITEMUKAN, APARAT MASIH PATROLI RADIUS TKP

PAPUA, “tabloidnusantara.com” – Sebelumnya dikabarkan bahwa  Kelompok Separatis Teroris Papua (KSTP) pimpinan Egianus Kogoya melakukan serangan terhadap pendulang emas di Kali I, Distrik Seradala, Kabupaten Yahukimo, Senin (17/10/2023). Tujuh korban dilaporkan tewas akibat serangan tersebut, sementara puluhan korban selamat lainnya telah dievakuasi oleh Satgas Damai Cartenz.

Namun dalam pendataan oleh aparat keamanan, baik korban tewas maupun korban selamat belum ditemukan nama Rakib Natsir beralamat di Jl. Bontobila 4, Kelurahan Batua, Makassar, yang juga merupakan penambang emas di Yahukimo. Kakak korban bernama Akbar Natsir mengatakan bahwa pasca kejadian pihak keluarga telah berusaha melakukan komunikasi dengan berbagai pihak namun keberadaan Rakib belum menemui titik terang.

READ ALSO : PANGDAM CENDERAWASIH SESALKAN PT YANG TAK KOORDINASI DENGAN TNI/POLRI

Kakak korban bernama Akbar Natsir mengatakan bahwa pasca kejadian pihak keluarga telah berusaha melakukan komunikasi dengan berbagai pihak namun keberadaan Rakib belum menemui titik terang. (dok : fajar.co.id)

Saat peristiwa berdarah itu terjadi diyakini bahwa Rakib Natsir ikut menjadi sasaran. Namun saat pendataan para korban yang dievakuasi oleh Satgas Damai Cartenz, nama Rakib Natsir tidak berada di dalam daftar. Hal inilah yang membuat resah pihak keluarga korban di Kota Makassar.

“Informasi awal didapatkan pihak keluarga Rakib pada hari Selasa bahwa terjadi penyerangan di tempat Rakib bekerja, pihak keluarga melakukan komunikasi intens ke berbagai pihak terkait seperti Pemerintah Kota Makassar maupun Kepolisian, namun hingga hari keempat evakuasi belum menemukan titik terang mengenai keberadaan Rakib Natsir,” kata Akbar Natsir di Makassar, Sabtu (21/10/2023).

Akbar yang juga perwakilan keluarga Rakib berharap agar Satgas Damai Cartenz tetap melanjutkan pencarian dan evakuasi para korban kekejaman KSTP. Ia juga tetap berdoa agar sang adik segera ditemukan dan bisa kembali berkumpul bersama keluarga di Makassar. “Pihak keluarga di Makassar berharap semoga Rakib Natsir dapat ditemukan oleh Satgas Damai Cartenz dan kembali dalam keadaan selamat,” ujarnya.

READ ALSO : TNI TEMBAK SATU ANGGOTA KSTP PELAKU PENYERANGAN DI KAB PUNCAK

Hasil penyisiran yang dilakukan, Tim Gabungan TNI-Polri berhasil mengevakuasi 21 orang masyarakat yang ketakutan, yang berhasil meloloskan diri pada kejadian pembantaian oleh KST Papua pada tanggal 16 Oktober 2023 lalu. (dok : istimewa)

Menurut Kapuspen TNI Laksda TNI Julius Widjojono ada informasi terbaru terkait jumlah warga yang menjadi korban, evakuasi tahap pertama 18 orang dan tahap kedua 9 orang, sejumlah 27 orang dapat dievakuasi. “Tindakan mereka tak ubahnya aksi teroris yang mengganggu stabilitas keamanan, aparat TNI-Polri masih terus menyisir atau mencari masyarakat yang mungkin masih selamat dari aksi pembantaian ini,” ujarnya.

Sementara itu Kasatgas Humas Damai Cartenz AKBP Bayu Suseno mengatakan pihaknya akan terus melakukan patroli di sekitar lokasi penembakan dan pembunuhan untuk menolong warga apabila masih ada warga selamat lainnya. “Ke depan Kami akan rutin melakukan patroli gabungan di radius TKP untuk memastikan bahwa sudah tidak ada lagi warga selamat yang berada di TKP,” kata Bayu dalam keterangan tertulisnya kepada Wartawan, Selasa (18/10/2023).

READ ALSO : TAKUT TEROR KSTP BERLANJUT, WARGA ERONGGOBAK MENGUNGSI KE POS TNI

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments