KOMISI I DPRP PROVINSI PAPUA, MATEA MAMOYAU “KENCAM PEMBAGIAAN BANTUAN KORBAN BANJIR

0
115
Komisi 1 DPRD Papua Mathea-Mamoyau

Matea Mamoyau, Anggota Komisi 1 DPRD Provinsi Papua Kencam Standar “SOP” Untuk Mendapatkan Bantuan Masyarakat Harus Menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK).

Jayapura. Komisi I DPRP Provinsi Papua, Matea Mamoyau mengatakan bahwa saya mendapakan informasi dari masyarakat yang berada di posko pengungsian, bencana banjir bandang saat ini sedang mengalami kesulitan untuk mendapatkan bantuan.

“Coba pikir, ini kan seperti pepatah aja, “Sudah Jatuh, Tertimpa Tangga Pula”, masyarakat saat ini sedang mengalami kesulitan yang luar biasa, kesulitanya pun sudah komplek, ada yang kehilangan keluarganya, rumah, mobil dan harta benda yang lainnya, mengapa dalam kondisi seperti ini kok masih dipersulit lagi?,”ucapnya.

Untuk mendapatkan bantuan masyarakat harus menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK). “Bagaimana mana mau nunjukan KTP dan KK, lawong sudah dibawa oleh banjir bandang,” bebernya.

Dengan prosedur seperti ini, membuat saya geram, ini sebuah pelanggaran karena masyarakat sedang menunggu dan menanti bantuan malah dipersulit, “Standar Operasional Prosedur (SOP) yang dipakai ini seperti apa sih. “SOP apa yang sedang mereka pakai? ”jelasnya.

Matea juga meminta agar para penjaga posko harus jeli melihat, bila ada yang menipu dan mengaku bahwa dirinya adalah korban, tolong ditindaklanjuti. “Jangan disamaratakan, karena pasti ada oknum, kasihan para korban yang terkena imbasnya,”Tegasnya.

Saya khawatir atas kejadian ini, korban yang seharusnya bisa mendapat perlindungan, pengngayoman, kenyamanan malah di persulit. “Karena ini dapat menyebabkan trauma serta gangguan psikis sehingga bisa saja membuat mereka mati perlahan-lahan,”ungkap Matea.

Saya berharap kedepannya tidak lagi terulang. dan saya menghimbau kepada masyarakat yang akan memberikan bantuan agar langsung turun dan berikan secara langsung kepada para korban Banjir Bandang,”tukasnya.

Tinggalkan Balasan