KASUS POSITIF COVID-19 DI INDONESIA 4.557, “BODETABEK” TERAPKAN PSBB IKUTI JAKARTA

0
21
Achmad Yurianto. Sumber Gambar covid19.go.id
Achmad Yurianto. Sumber Gambar covid19.go.id

JAKARTA, “tabloidnusantara.com”. – Penularan virus Covid-19 di Indonesia masih mengalami peningkatan. Angka kasus positif baru yang terkonfirmasi terhitung mulai hari Minggu tanggal 12 April 2020 pukul 12.00 sampai dengan hari Senin tanggal 13 April 2020 pukul 12.00 kembali memperlihatkan lonjakan yang cukup signifikan. Data terbaru hari ini yang disampaikan oleh juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menunjukkan ada 316 kasus positif baru yang terkonfirmasi sehingga jumlah total mencapai 4.557 kasus. Sementara itu pasien positif corona di Indonesia yang berhasil sembuh juga kembali bertambah 21 orang sehingga jumlah total 380 orang.

“Tercatat ada 26 kasus kematian baru sehingga jumlah angka kematian menjadi 399 orang,” kata Yuri dalam konferensi pers di gedung BNPB Jakarta, Senin (13/4) sore. “Sebagian besar yang meninggal ini terutama pada kelompok usia di atas 50 tahun dan memiliki penyakit-penyakit sebelumnya, dari data yang kami punya paling banyak adalah tekanan darah tinggi, diabetes dan beberapa dengan penyakit paru-paru yang kronis,” lanjut Yuri. Lebih lanjut Yuri mengajak untuk membangkitkan optimisme bersama karena penyebaran masih terjadi.

Sebelumnya Achmad Yurianto menyampaikan bahwa respon pandemi Covid-19 yang dilaksanakan oleh pemerintah secara sistematis, sinergi dan terkoordinasi melibatkan semua pihak. Kementerian pendidikan dan Kebudayaan mulai hari ini telah menayangkan program belajar dirumah melalui TVRI untuk semua pelajar, guru dan orang tua. Yuri berharap agar pelayanan ini dimanfaatkan sebaik mungkin untuk mengisi kegiatan selama belajar dirumah.

Kementerian Kesehatan telah menyetujui permintaan Gubernur  Provinsi Banten untuk melaksanakan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar untuk Kota Tangerang, Kabupatan Tangerang dan Tangerang Selatan. “Dengan demikian, lengkap sudah seluruh cluster yang ada di Jabodetabek, setelah sebelumnya ditetapkan PSBB untuk Kota Bogor, Kabupaten Bogor , Kota Depok, Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi, sebelumnya juga didahului dengan penetapan PSBB di DKI Jakarta. Artinya seluruh cluster epidemologi Jabodetabek sudah dalam satu sistem yang integral,” tegas Yuri.

Infografis Covid-19 di Indonesia 13 April 2020. Sumber Gambar covid19.go.id

Sebagai gambaran penyebaran Covid-19 di Indonesia, DKI Jakarta masih menjadi episentrum penyebaran dengan catatan 2.186 kasus, Jawa Barat 540 kasus, Jawa Timur 440 kasus, Banten 285 kasus, Sulawesi Selatan 223 kasus dan Jawa Tengah dengan 203 kasus.

Untuk Bali 86 kasus, Papua 68 kasus, Sumatera Utara 67 kasus, DI Yogyakarta 57 kasus, Sumatera Barat 45 kasus, NTB 37 kasus, Kalimantan Timur 35 kasus, Kalimantan Selatan 34 kasus, Kalimantan Tengah 25 kasus, Lampung dan Kepulauan Riau masing-masing  21 kasus, Riau 20 kasus, Sulawesi Tengah 19 kasus, Sumatera Selatan 18 kasus, Sulawesi Utara 17 kasus.

Sulawesi Tenggara dan Kalimantan Utara masing-masing 16 kasus, Kalimantan Barat 13 kasus, Maluku 11 kasus, Aceh dan Sulawesi Barat 5 kasus. Untuk Bangka Belitung, Bengkulu dan Jambi masing-masing 4 kasus. Maluku Utara dan Papua Barat masing-masing 2 kasus. NTT dan Gorontalo masing-masing 1 kasus.

Sumber Berita : covid19.go.id dan kemkes.go.id

Tinggalkan Balasan