KASUS POSITIF COVID-19 BERTAMBAH 1.051, AKUMULASI KASUS SEMBUH TEMBUS 19.241

0
54
Achmad Yurianto. Sumber Gambar https://covid19.go.id/
Achmad Yurianto. Sumber Gambar https://covid19.go.id/

JAKARTA, “tabloidnusantara.com”. – Juru Bicara Pemerintah Untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto kembali mengumumkan perkembangan penyebaran Covid-19 di tanah air per 23 Juni 2020 dengan mengungkapkan adanya penambahan kasus terkonfirmasi positif sebanyak 1.051 orang, sehingga jumlah total kasus positif sampai hari ini sebanyak 47.896 orang.

Menurut Yuri, data yang disampaikan tersebut merupakan hasil uji 17.908 spesimen yang dilakukan hari ini dengan menggunakan metode Polymerase Chain Reaction (PCR) di 121 laboratorium, Test Cepat Melokuler (TCM) di 99 laboratorium dan laboratorium jejaring (RT-PCR dan TCM) di 249 laboratorium. “Sehingga Jumlah total spesimen yang diperiksa sampai hari ini adalah 666.219 spesimen,” jelas Yuri dalam keterangan resmi di Gedung BNPB Jakarta, Selasa (23/6) sore.

Sebaran Covid-19

Dilihat dari sebaran kasus positif yang didapat hari ini, menurut Yuri, terdapat 5 provinsi yang melaporkan kenaikan kasus yang cukup signifikan, meliputi Jawa Timur yang melaporkan 258 kasus positif baru dan melaporkan 60 orang sembuh. DKI Jakarta hari ini melaporkan 160 kasus positif baru dan melaporkan 100 orang sembuh. Sulawesi Selatan hari ini melaporkan 154 kasus positif baru dan 42 orang sembuh. Sumatera Utara melaporkan 117 kasus positif baru dan 3 orang sembuh. Dan Papua 55 kasus positif baru dan tidak ada laporan sembuh.

“Beberapa provinsi melaporkan kasus sembuh lebih banyak dari kasus positif baru seperti, Jawa Tengah melaporkan hari ini 49 orang kasus positif baru namun melaporkan 50 orang sembuh, Kalimantan Selatan melaporkan 27 kasus positif baru namun melaporkan 28 orang sembuh. Sumatera Selatan melaporkan 16 kasus positif baru namun melaporkan 47 orang sembuh. Banten melaporkan 9 kasus positif baru namun melaporkan 13 orang sembuh. Sumatera Barat melaporkan 5 kasus positif baru namun melaporkan 20 orang sembuh. Jambi melaporkan 2 kasus positif baru namun melaporkan 20 orang sembuh. Maluku melaporkan 1 kasus positif baru namun melaporkan 4 orang sembuh. Kalimantan utara melaporkan tidak ada kasus positif baru namun melaporkan 10 orang sembuh dan Bangka Belitung juga demikian,” tambah Yuri.

Secara keseluruhan terdapat 18 provinsi terdapat penambahan kasus positif covid-1 dibawah sepuluh dan terdapat 8 provinsi yang melaporkan hari ini tidak ada penambahan kasus.  “Akumulasi kasus sembuh hari ini 506 orang sehingga jumlah total pasien sembuh berjumlah 19.241 dan 35 orang dilaporkan meninggal akibat Covid-19, sehingga jumlah total kasus meninggal berjumlah 2.535 orang,” terang Yuri.

Jumlah Terpapar Covid-19 Di Indonesia Per 23 Juni 2020. Sumber Gambar https://covid19.go.id/

Contact Pressing

Yuri juga menjelaskan bahwa data yang diperoleh hari ini, sebagian besar diperoleh dari hasil contact pressing yang dilakukan secara agresif disertai dengan pemeriksaan test secara lebih massif pada kasus-kasus yang ditemukan pada contact pressing. Hal ini dilakukan terutama pada daerah-daerah yang masih menunjukkan kasus yang cukup tingi, harus dilakukan contact pressing dengan lebih agresif dan dilanjutkan pemeriksaan lebih massif.

Sementara itu, pemerintah sampai hari ini masih melaksanakan pemantauan secara terus menerus terhadap Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 35.938 orang dan melaksanakan pengawasan secara ketat terhadap Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 13.348 orang.

Sekali lagi Yuri mengingatkan bahwa protokol kesehatan terutama menjaga jarak adalah kunci. Beberapa kebijakan yang telah dikeluarkan pemerintah terkait pembatasan kapasitas kendaraan adalah latar belakang jaga jarak masih diterapkan.Pemerintah telah menetapkan pembagian 2 gelombang kerja di wilayah Jabodetabek. “Mari kita patuhi bersama aturan ini, dengan menjaga jarak dan tetap menggunakan masker dan selalu membiasakan diri dengan mencuci tangan,” pesan Yuri.

Sumber Berita: https://covid19.go.id/

Tinggalkan Balasan