KASAD RENCANAKAN PEMBANGUNAN 63 PCR DI RS. TNI AD

0
47
Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal Andika Perkasa

JAKARTA, “tabloidnusantara.com” – Terobosan baru, Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal Andika Perkasa, merencanakan pembangunan lab PCR untuk seluruh RS TNI AD. Hal ini meliputi 63 RS tingkat II, III, dan IV serta 5 RS bantuan.

“Lab PCR ini akan menggunakan ekstraksi RNA (ribonucleic acid) robotik atau dengan komputer sehingga kebutuhan analisnya akan lebih sedikit,” kata dia.

BACA JUGA : WAKASAD HADIRI KENAIKAN PANGKAT 84 PERWIRA TINGGI TNI

Menurut Andika, pengadaan lab PCR tidak akan mengganggu ruangan atau gedung yang ada. Pasalnya, bangunan dengan kriteria bio safety level tiga yang diperlukan.

Andika mengatakan pembangunan lab PCR harus dibarengi persiapan tenaga analis maupun kepala lab sehingga berjalan seimbang. Dia berharap kredibilitas rumah sakit TNI AD terwujud dengan penyediaan alat dan penanganan yang tepat terhadap pasien covid-19.

“Pasien sipil maupun pasien TNI AD sama perlakuannya. Ini merupakan networking khusus yang harus dimiliki sehingga harus menjadi prioritas,” tegas Kasad.

Pada kesempatan itu, Kepala Pusat Zeni AD Mayjen TNJ Mohammad Munib menyampaikan desain pembangunan gedung dari Pusat Zeni AD. Munib meminta kepala RS menyediakan tanah seluas 5×10 meter untuk diratakan dan pembangunannya disupervisi kakesdam

BACA JUGA : “PENGABDIAN UNTUK NEGERI” TNI SIAP GELAR TMMD KE -108

“Dari alat yang harus diadakan, kami mencoba mendesain. Ruangan bertekanan negatif beserta hepa filternya cukup di ruangan 3×3 meter. Jika tidak bocor di bagian kanan dan kiri, ada ruang penyekat sehingga pintunya ada dua untuk menahan agar virus tidak keluar,” kata Munib.

Tinggalkan Balasan