KANAIKAN HARGA TIKET DAN PEMBERLAKUAN BAKASI BERBAYAR SUMBANG INFLASI MARET JAYAPURA

0
195

Kanaikan Harga Tiket Dan Pemberlakuan Bakasi Berbayar Membuat Naiknya Inflasi Di Kota Jayapura

Jayapura. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat Inflasi selama bulan Maret 2019 sebesar 0,26. Hal ini disampaikan oleh Kepala BPS Papua Simon Sapary, di Jayapura, Senin (1/4/2019).

Kepala BPS Papua, menjelaskan, bila dilihat dari penyebab inflasi selama bulan Maret 2019. Penyebab utamanya adanya kebijakan kenaikan harga tiket yang tinggi sehingga ini membebani rakyat. Begitu juga Lion Air walau kenaikan harga tiket tidak terlalu tinggi, namun maskapai Lion Air, memberikan beban bagasi berbayar. “Tegasnya.”

“Simon, mengatakan dengan adanya Kebijakan ini yang mendongkrak inflasi di Kota Jayapura, membuat inflasi bulan Maret ini lebih tinggi dibanding bulan sebelumnya, yang hanya pada kisaran  0,03 persen.

Komponen yang mempengaruhi kenaikan inflasi di kota jayapura, bulan kemarin dipengaruhi naiknya angkutan udara sebesar 0,228 persen, ikan ekor kuning 0,154 persen, ikan cekalang 0,077 persen, cabai merah 0,12 persen, shampo 0,007 persen, emas perhiasan 0,006 persen, serta mie kering instant 0,004 persen.

Inflasi juga terjadi di Kabupaten Merauke selama Maret 2019 sebesar 0,31 persen. Berbeda dengan Kota Jayapura, inflasi tersebut dinilai cenderung lambat dibandingkan kondisi bulan sebelumnya yang mengalami deflasi 2,11 persen. “Dari perhitungan BPS Papua, “Ujar Kepala BPS Papua Simon Sapary.

“Untuk menekan inflasi, Simon berharap agar pemerintah daerah, segera turun tangan untuk dapat memastikan harga jual tiket domestik oleh pihak maskapai bisa ditekan. agar pada bidang angkutan udara tak menyumbang inflasi.

“Sebab sekali lagi pemberlakuan kenaikan harga tiket ini sangat membebani masyarakat,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan