JUMLAH TOTAL 2.738 KASUS POSITIF COVID-19, SELASA 7 APRIL 2020 CATAT PENAMBAHAN TERTINGGI 247 KASUS

0
182
Achmad Yurianto. Sumber Gambar Kompas TV
Achmad Yurianto. Sumber Gambar Kompas TV

JAKARTA, “tabloidnusantara.com”. – Angka penambahan kasus positif Covid-19 di Indonesia dalam 24 jam terakhir menunjukkan grafik yang terus meningkat. Penambahan jumlah kasus tertinggi diatas 200 tercatat pada hari Senin (6/4) kemarin sebanyak 218 kasus. Namun pada hari ini Selasa (7/4) tercatat penambahan kasus positif yang lebih tinggi yaitu sebanyak 247 kasus positif temuan baru dalam 24 jam terakhir.  Dengan penambahan itu, total jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia sampai pukul 12.00 WIB, telah mencapai 2.738 pasien.

Peningkatan juga terjadi pada kasus kematian, juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto hari ini Selasa (74) sore, dalam konferensi persnya di gedung BNPB Jakarta,  mengumumkan adanya penambahan pasien meninggal sejumlah 12 orang sehingga jumlah total kasus kematian menjadi 221 orang.

Sementara itu jumlah pasien yang sembuh bertambah menjadi 12 orang sehingga jumlah total pasien sembuh menjadi 204 orang. Meskipun mengalami penambahan, jumlah pasien sembuh masih berada dibawah jumlah kasus kematian.

Sebelumnya Achmad Yurianto menyampaikan bahwa Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto telah menyetujuinya pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah DKI Jakarta mengingat ibukota saat ini masih tercatat sebagai episentrum paling besar. Dari data hari ini DKI Jakarta mencatatkan 1.369 kasus postif, 106 meninggal dan hanya 65 orang yang sembuh.

Dipaparkan Yuri, Pemerintah melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 sudah memeriksa 14.354 spesimen dengan metode pemeriksaan menggunakan polymerase chain reaction (PCR) dari seluruh Indonesia terkait penyakit yang disebabkan virus corona jenis baru. “Ini dilaksanakan dari spesimen yang dikirim lebih dari 300 rumah sakit rujukan COVID-19,” kata Yuri.

Dalam kesempatan itu, Yuri mengajak peran masyarakat menghentikan penyebaran COVID-19 dengan menjaga jarak, membatasi aktivitas atau mobilitas sosial, dan menggunakan masker apabila terpaksa harus keluar rumah untuk keperluan mendesak.

Tak hanya itu, ia juga mengingatkan masyarakat untuk menjaga pola hidup sehat dan rajin mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir minimal 20 detik. “Jaga kesehatan diri, jaga jarak saat komunikasi dengan orang lain, mari bersama kita lebih aman berada di dalam rumah,” ajak Yuri.

Sumber Berita covid.go.id dan tirto.id

Tinggalkan Balasan