JANUARI 2021, GAJI PNS BAKAL DIPOTONG 2,5% UNTUK TABUNGAN PERUMAHAN RAKYAT ( TAPERA ).

0
239

JAKARTA, “tabloidnusantara.com” – Pemerintah, resmi akan memangkas penghasilan TNI-Polri, PNS dan Pegawai BUMN, bahkan hingga swasta bakal dipotong 2,5 persen, melalui Penyelenggaraan Tabungan Perumahan Rakyat ( TAPERA ).

Walaupun pemotongan ini akan dilaksanakan pada awal bulan januari 2021 mendatang namun.

“Presiden Joko Widodo ( Jokowi) meneken untuk menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 25 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Tabungan Perumahan Rakyat pada 20 Mei lalu ( PP Tapera 2020).

Dimana sesuai konstitusi, Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) ini merupakan amanat Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2016. “Mengatur dalam mewujudkan para pekerja untuk memudahkan dalam pembiayaan perumahan.

Peraturan Pemerintah Nomor 25 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Tapera, ASN eks peserta Tabungan Perumahan Pegawai Negeri Sipil (Taperum-PNS) dan ASN baru diwajibkan mulai membayar iuran Tapera pada Januari 2021. “Setelah itu, lingkup kepesertaan Tapera akan diperluas secara bertahap.

Tahapan ini akan meliputi, pekerja di perusahaan badan usaha milik negara (BUMN) dan daerah serta TNI-Polri, Tahap ketiga berlaku untuk pekerja swasta, pekerja mandiri, dan pekerja sektor informal.

Peraturan ini akan memberikan kelonggaran waktu kepada instansi atau perusahaan swasta sampai tujuh tahun ke depan setelah PP ditetapkan untuk mendaftarkan pekerjanya sebagai peserta Tapera,” kata Deputi Komisioner Bidang Pemanfaatan Dana Badan Pengelola Tapera Ariev Baginda Siregar dikutip dari Harian Kompas.

Dalam proses iuran ini akan dirincikan sebesar 3 persen tersebut, sebanyak 0,5 persen ditanggung oleh pemberi kerja dan sisanya sebesar 2,5 persen ditanggung oleh pekerja (potong gaji karyawan untuk iuran Tapera). Khusus untuk peserta mandiri, iuran dibayarkan sendiri.

Tinggalkan Balasan