MENLU UMUMKAN 10 NEGARA, DILARANG BERKUNJUNG KE INDONESIA TERKAIT VIRUS COVID-19

0
386
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi

JAKARTA, “tabloidnusantara.com” – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, terkait mencegah penyebaran virus corona COVID-19,  bebas visa WNA akan ditangguhkan selama 1 bulan.

“Menlu Retno Marsudi mengatakan, Pemerintah mulai memperketat izin masuk bagi Warga Negara Asing dari seluruh negara akan ditangguhkan selama 1 bulan. Bagi WNA antara lain Bebas Visa Kunjungan (BVK), Visa Kunjungan Saat Kedatangan (Visa on Arrival) dan Bebas Visa Diplomatik/Dinas.

BACA JUGA : 227 WARGA INDONESIA TERPAPAR COVID-19

“Mengingat semakin banyak negara yang sudah terjangkit Virus Corona COVID-19, pemerintah mengimbau dengan sangat agar warga negara Indonesia membatasi bepergian ke luar negeri, kecuali untuk kepentingan yang sangat mendesak dan tidak dapat ditunda,” ujar Menteri Retno,

Retno juga mengaskan, bagi setiap WNA yang akan berkunjung ke Indonesia diharuskan memiliki Visa dari Perwakilan RI sesuai dengan maksud dan tujuan kunjungan, dan juga harus melampirkan surat keterangan sehat (health certificate) yang dikeluarkan oleh otoritas kesehatan yang berwenang di masing-masing negara.

Disisi lain Plt juru bicara Kemenlu Teuku Faizasyah, menjelaskan kebijakan pemerintah ini bukan berarti, Indonesia menerapkan lockdown. “Perubahan selama satu bulan kedepan yakni penangguhan bebas visa, melarang orang yang baru berkunjung dari 10 negara dalam 14 hari ke belakang untuk masuk ke tanah air.

BACA JUGA : CEGAH PENYEBARAN CORONA, PANGDAM CENDERAWASIH PERINTAHKAN DIRIKAN POSKO DI RUMAH SAKIT MARTHEN ENDEY

Sepuluh negara yang masuk dalam daftar lockdown, yaitu; China, Korea Selatan, Iran, Italia, Vatikan, Spanyol, Prancis, Jerman, Swiss dan Inggris. “Akan berlaku pada hari Jumat tanggal 20 Maret pukul 00.00 WIB. Kebijakan ini bersifat sementara dan akan dievaluasi sesuai dengan perkembangan.

Tinggalkan Balasan