PESISIR BARAT LAMPUNG DIGUNCANG GEMPA BERKEKUATAN M 4,8

0
22
Ilustrasi, Pesisir Barat Lampung Diguncang Gempa Berkekuatan M 4,8

Lampung, “tabloidnusantara.com” – ­ Pesisir Barat Lampung, diguncang gempa bermagnitudo 4,8. Pusat gempa berada di laut, berkedalaman 27 km. Gempa terjadi pada pukul 00.36 WIB, Jumat (22/11/2019).

Di Kutib dari laman akun Twitter BMKG, “Pusat gempa berada di laut 48 km Barat Daya Pesisir Barat, Terliha sekitar pukul 01.25 WIB.

Dalam hal ini seperti yang di sampaikan Kepala BMKG Wilayah II Tangerang Hendro Nurgroho melalui Kepala Stasiun Geofisika Kotabumi Lampung Anton Sugiharto  menjelaskan pusat gempa terletak pada koordinat 5.45 Lintang Selatan dan 103.58 Bujur Timur.

Anton mengungkapkan dampak gempa ini digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG. “Gempa bumi yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Zona Subduksi (Megathrust) di Pesisir Barat pulau Sumatera dimana Lempeng Indo-Australia menyelusup menunjam kebawah Lempeng Eurasia.

Berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa dirasakan di wilayah Krui dengan Skala Intensitas I – II MMI, Di Liwa dengan Skala Intensitas II – III MMI, Di Pesisir Barat dengan Skala Intensitas III – IV MMI.

“Namun belum ada laporan dari warga, mengenai kerusakan bangunan dari dampak gempa bumi tersebut.

“Kami menghimbau kepada Masyarakat agar tetap tenang, waspada dan terus mengikuti informasi dari BMKG, karena BMKG akan terus memantau perkembangan gempabumi tersebut,” lanjutnya.

Tinggalkan Balasan