JEJAK OBYEK WISATA BERSEJARAH, JAWA TENGAH,

0
59
Obyek Wisata Jawa Tengah

Jawa Tengah, “tabloidnusantara.com” – Jawa Tengah adalah sebuah provinsi Indonesia yang terletak di bagian tengah Pulau Jawa. Ibu kotanya adalah Semarang.

Pulau jawa, yang dianugerahi dengan begitu banyak keistimewaan. Selain kaya akan budaya dan adat istiadat, Jawa Tengah juga banyak memiliki banyak tempat wisata. ”Provinsi ini berbatasan dengan Provinsi Jawa Barat di sebelah barat, Samudra Hindia dan Daerah Istimewa Yogyakarta di sebelah selatan, Jawa Timur di sebelah timur, dan Laut Jawa di sebelah utara.

Ada begitu banyak tempat wisata menarik di Jawa Tengah yang untuk berlibur. “Berikut beberpa daftar tempat wisata yang menjadi rekomendasi yang cocok untuk menghabiskan akhir pekan anda.

CANDI BOROBUDUR

Sumber Foto : Pixabay

Candi Borobudur yang terletak di kota magelang ini, salah satu candi terbesar di dunia, nilai sejarah, Borobudur juga didapuk sebagai salah satu dari 7 keajaiban dunia. “Candi Borobudur sendiri terdapat 1.460 relief dan 504 stupa yang hingga sekarang masih terjaga keasliannya.

CANDI PRAMBANAN KLATEN

Sumber: Instagram – omg.wp

Obyek wisata, masih mengulas peninggalan sejarah, Candi Prambanan yang terletak di Klaten, tepatnya di wilayah perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta. Anda tentu tidak asing kan dengan legenda Roro Jonggrang yang meminta Bandung Bondowoso membangun 1.000 candi dalam satu malam? Ya, Prambanan-lah jawabannya.

KOTA LAMA SEMARANG

Image via: @vegaviditama

Salah satu obyek wisata sejaranh yang menarik, “Kota Lama Semarang” merupakan sebuah kota peninggalan pemerintah kolonial dulu. “Disini anda bisa menjumpai bangunan peninggalan Belanda, seperti Gereja Blenduk, Stasiun Kereta Api Tawang, Jembatan Mberok, PT Pelni, Pabrik Rokok Praoe Lajar, Polder Air Tawang, dan masih banyak lagi yang lainnya.

LAWANG SEWU

Sumber: Instagram – ar_ferm

Selain kota lama, Semarang juga mempunyai peninggalan wisata sejarah, “Lawang Sewu”  Meskipun namanya Lawang Sewu, bukan berarti bangunan ini memiliki 1.000 pintu. Hanya saja bangunan ini memang memiliki jumlah pintu yang sangat banyak.

“Konon ceritannya, Pada zaman dulu, Lawang Sewu dipakai sebagai kantor pusat perkeretaapian di wilayah Semarang. Tidak heran kalau berkunjung ke sini, Anda akan melihat banyak miniatur kereta. ” Keindahan dan keklasikan arsitektur bangunannya jangan anda ragukan kalau anda mau uji nyali dimalam hari.

GROJOGAN SEWU TAWANGMANGU

Grojogan Sewu

objek wisata yang selalu ramai dikunjungi wisatawan setiap tahunnya, yaitu Grojogan Sewu Tawangmangu, terletak dikota Karanganyar, jika anda berkunjung ke tawangmangu anda akan dihipnotis dengan keindahan alam, pemandangan pepohonan yang masih sangat asri dan hijau. ”Selain udaranya lebih sejuk, debit air yang banyak juga membuat air terjun terlihat makin megah.

KERATON KASUNANAN SURAKARTA HADININGRAT

Sumber Foto amufa25.blogspot.co.id

Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, merupakan peninggalan raja Islam zaman dulu, Keraton ini dibangun oleh Paku Buwana II pada tahun 1744 silam dan sekarang dikelola oleh Pemerintah Kota Solo menjadi objek wisata sejarah yang ramai dikunjungi wisatawan.

Obyek wisata, keraton tersebut yang sangat kental dengan nilai sejarah, Keraton Surakarta juga selalu menjadi lokasi aneka gelaran budaya, seperti Suranan, Sekaten, dan peringatan hari besar Islam lainnya. 

GUA PETRUK

Gua Petruk di Kebumen via Instagram/eka_safitri87

Tempat wisata yang sangat terkenal, dengan cerita sejarah dan mistisnya adalah Gua Petruk, Gua Petruk memiliki panjang kurang lebih 2.000 meter, tapi hanya bisa dijelajahi sampai batas maksimal 350 meter saja.

Obyek wisata Gua Petruk ini terletak di Kebumen, tepatnya di atas bukit kapur setinggi 75 meter ini berada di Desa Candirenggo, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

PANTAI KARANG BOLONG

Pantai Karang Bolong

Obyek wisata Pantai Karang Bolong ini terletak masih di daerah Kebumen, Selain terkenal dengan ombaknya yang besar, pantai laut selatan juga populer dengan garis pantainya yang indah. ” Membicarakan Pantai Karang Bolong tentu kurang jika tak membahas rumah-rumah burung walet yang terdapat di dalam gua, yakni Gua Pasir, Karangduwur, dan Karang Bolong. Dalam setahun, para petani walet biasanya melakukan proses panen sebanyak 4 kali. “Uniknya, mereka akan melakukan upacara khusus untuk meminta keselamatan sebelum melakukan panen air liur walet ini. Tidak heran, sebab medannya memang cukup berbahaya.

Itulah beberpa tempat wisata yang mempunyai nilai sejarah, di wilayah Jawa Tengah, Nah, buat Anda yang sedang merencanakan piknik dalam waktu dekat, tempat wisata di Jawa Tengah berikut mungkin bisa menjadi rekomendasi yang cocok.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here