SESUAI INTRUKSI PRESIDEN, PANGLIMA TNI AKAN COPOT ANAK BUAHNYA JIKA GAGAL TANGANI KARHUTLA

0
34
Presiden Joko Widodo, Panglima TNI Dan Kapolri

Jakarta, “tabloidnusantara.com” – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, akan copot anak buahnya jika tidak bisa menangani kebakaran hutan, sesuai intruksi Presiden Joko Widodo.

Dimana, Presiden Joko Widodo dalam beberapa kesempatan menyatakan bakal mencopot Kapolda, Danrem, hingga Pangdam jika tak mampu mengatasi kebakaran hutan dan lahan di daerahnya masing-masing. Yang menimbukan kabut asap.

Berdasarkan data yang dihimpun Badan Penangulangan Bencana Alam (BPBD), Riau dan Kementrian Lingkuangan Hidup Dan Kehutanan, (KHK), dimana kahurta masih terjadi dibeberapa wilayah di Riau.

Akibat kebakaran hutan yang semakin luas, membuat Wilayah Riau tertutup kabut asap yang sudah berbahaya sehingga beberapa aktifitas terganggu dan diliburkan.

Dengan situasi seperti saat ini, banyak sejumlah pihak menagih janji, DPR RI, dan Presiden Joko Widodo, untuk mencopot pejabat Danrem dan Kapola Riau.

Menjawab ini, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyatakan ucapan Presiden itu adalah perintah yang harus dilaksanakan.

“Itu sudah perintah dan akan dilaksanakan,” tegas Hadi usai memimpin rapat koordinasi penanganan Karhutla di kompleks kediaman Gubernur Riau, Sabtu petang, 14 September 2019.

Disisi lain panglima TNI menagatakan bahwa dalam penanganan Karhutla, sejak Satgas dibentuk sejak awal september ini, sekitar 5809 gabungan dari berbagai unsur sduah diterjunkan untuk mengatasi kasus ini. Bahkan sudah ada sekitar 112 juta liter air yang kami jatuhkan melalui helikopter dengan cara water bombing.

Kita juga akan menambah sekitar 350 prajurit TNI untuk menambah kekuatan, dengan dibekali perlengkapan yang memadai. Selain itu, TNI juga mengerahkan pesawat bantuan lainnya untuk menyemai garam. Satu di antaranya pesawat CN 295 yang mampu mengangkut 2,5 ton garam sekali terbang. “Ujarnya.

Dimana Satgas Karhutla akan memaksimalkan dengan teknogi modifikasi hujan buatan. “Termasuk pesawat Hercules untuk menyemai garam, sedang dipersiapkan. Satu kali terbang, Hercules bisa menyemai 5 ton garam, dan ini harus maksimal, diperkirakan BMKG pertengahan Oktober baru akan ada hujan.” jelas Hadi.

Tinggalkan Balasan