PENTINGNYA TANAMKAN RASA NASIONALISME SEJAK DINI

0
96
Kapten Chb Eka Bagus Prayitno, S.H. mengajarkan materi Nasionalisme kepada siswa-siswi Sekolah Tinggi Katolik St. Yakobus Merauke

Merauke, “tabloidnusnatara.com” – Peran Prajurit TNI dalam menanamkan rasa Nasionalisme sejak dini, Kodim 1707/Merauke, melalui Kapten Chb Eka Bagus Prayitno, S.H. mengajarkan materi Nasionalisme kepada siswa-siswi Sekolah Tinggi Katolik St. Yakobus Merauke Tahun Akademik 2019/2020. “Minggu (04/08/2019).

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Mini Sekolah Tinggi Katolik STK St. Yakobus Merauke Jln. Misi II, Distrik Merauke, Kabupaten Merauke tersebut diikuti oleh 88 orang yang teridi dari 53 siswa-siswi baru dan 35 orang Mahasiswa senior.

Pada kesempatan tersebut Kapten Chb Eka Bagus Prayitno, S.H. mengatakan bahwa arus globalisasi yang tak terbendung derasnya telah merubah sendi-sendi kehidupan. Imbasnya generasi muda yang menjadi target perubahan radikal dan terus dihadapkan dengan berbagai permasalahan dan pada akhirnya sedikit demi sedikit mengikis rasa nasionalisme.

”Untuk merawat dan menumbuhkan rasa nasionalisme terhadap generasi muda dapat dilakukan dengan berbagai cara dan salah satunya dengan menggalakkan dan memberikan wawasan kebangsaan serta rasa cinta tanah air kepada generasi muda/pelajar”. ungkap Kapten Chb Eka Bagus.

”Wawasan kebangsaan hendaknya diberikan kepada para generasi muda tidak hanya pada momen-momen tertentu saja tetapi juga dengan jadwal yang telah terprogram sehingga mereka memiliki wawasan kebangsaan yang luas dan juga rasa cinta tanah air yang tinggi”. jelasnya.

Kapten Chb Eka Bagus Prayitno, S.H. melanjutkan, untuk meningkatkan rasa nasionalisme para generasi muda dapat terus diberikan pemahaman dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam 4 Pilar Kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia serta Bhineka Tunggal Ika.

Para Mahasiswa/i STK St. Yakobus Merauke tersebut merupakan calon Pastur yang berasal dari 4 Kabupaten yaitu (Kab. Mappi, Kab. Asmat, Kab. Boven Digoel dan Kab. Merauke sendiri) dan setelah selesai melaksanakan kuliah mereka pun akan kembali memimpin agama di daerah masing-masing. ”Dengan adanya pembekalan tentang pentingnya merawat rasa nasionalisme diharapkan mereka dapat mengaplikasikannya dilapangan sehingga lebih toleran demi memajukan daerahnya bersama dengan aparat pemerintahan yang lain seperti tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh agama”. tambahnya.

Kegiatan pemberian materi tentang Merawat Rasa Nasionalisme tersebut turut di hadiri oleh Steven Ahlaro. S.Pd., M.Pd. Program Studi Keagamaan Katolik, Sekertaris Kampus STK St. Yakobus Merauke Carolina Due, Amd dan Wakil Ketua 2 Bapak Resmin Manik, S.Psi sekalu Psikologi Pendidikan Kampus STK St. Yakobus Merauke.

Tinggalkan Balasan