PELANTIKAN KEPALA SUKU AWINERO KAMPUNG NAFRI

0
97
Satgas Pamtas Yonif Pr 328/DGH Hadiri Pelantikan Kepala Suku Awinero Kampung Nafri

Jayapura, “tabloidnusantara.com” – Papua dikenal dengan banyaknya suku yang tersebar di beberapa daerah dimana setiap suku memiliki satu pemimpin (Kepala Suku), pemilihan Kepala Suku biasanya diwariskan melalui garis keturunan seperti kegiatan yang dilakukan oleh suku Awinero yang melantik Kepala Suku baru. Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Yonif PR 328/DGH pun hadir dalam salah satu kegiatan adat pelantikan Kepala Suku Awinero baru di Kampung Nafri, Jayapura. “Kamis, (27/06/2019)

Disampaikan oleh Dansatgas Pamtas Yonif PR 328/DGH Mayor Inf Erwin Iswari, S.Sos., M.Tr (Han) bahwa pelantikan kepala suku baru dilaksanakan karena kepala suku yang lama telah meninggal, “Kepala suku lama Bapak Obet Awinero telah tutup usia (85 Th) sehingga untuk meneruskan kepemimpinan dalam Suku tersebut dilakukan pelantikan Kepala suku baru yang merupakan anak satu-satunya dari Bapak Obet Awinero,” ujar Mayor Erwin.

Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari ini berlangsung sangat meriah, Pos Nafri yang dipimpin Sertu Anugrah menghadiri kegiatan pelantikan ini. “Tarian-tarian adat serta nyanyian adat sangat meriah ditambah dengan musik tradisional untuk merayakan kegiatan pelantikan Kepala Suku baru,” pungkasnya. “Kegiatan pun ditutup dengan kegiatan pengantaran/pelepasan kepala suku yang baru menuju ujung Kampung yang diikuti oleh seluruh warga,” tambahnya.

Selama kegiatan Personel Pos Nafri pun ikut memeriahkan tradisi adat bersama-sama dengan warga yang merupakan wujud kebersamaan dan kedekatan Personel Satgas dengan Warga suku Awinero. Selain dari Suku Awinero juga hadir Masyarakat wilayah timur Kampung Nafri dengan ciri khas adat warna orange.

Tinggalkan Balasan