PERAN SERTA BABINSA DALAM MENSUKSESKAN SUB PIN POLIO PUTARAN II DI YAPEN TIMUR

0
92
Dok. Babinsa Koramil 1709-02/Yaptim Serka Muh. Rizal Kemhay, menghadiri Pertemuan Lintas Sektoral dan membantu Pemberian Sub PIN (Pekan Imunisasi Nasional) Polio Putaran kedua di Puskesmas Perawatan Kampung Dawai Distrik Yapen Timur Kab. Kep. Yapen, Kamis (25/04/2019)

Yapen, Babinsa Koramil 1709-02/Yaptim Serka Muh. Rizal Kemhay beserta Kepala Distrik Yapen Timur Bapak J. Lermatan, S. IP dan para Aparat Kampung lainnya turut menghadiri Pertemuan Lintas Sektoral dan membantu Pemberian Sub PIN (Pekan Imunisasi Nasional) Polio Putaran kedua di Puskesmas Perawatan Kampung Dawai Distrik Yapen Timur Kab. Kep. Yapen, Kamis (25/04/2019).

Sub PIN Polio dilaksanakan untuk menanggapi Kejadian Luar Biasa (KLB) Polio di Papua Nugini yang telah menyebabkan korban 26 anak dan di Kabupaten Yahukimo Provinsi Papua menyebabkan korban 3 anak dengan 1 anak mengalami kelumpuhan. Pihaknya berharap kegiatan Sub PIN Polio dapat meningkatkan cakupan imunisasi, karena dengan cakupan imunisasi yang tinggi, minimal 95 % dari target maka akan terwujud pula kekebalan kelompok, sehingga mencegah penularan kepada kelompok usia dewasa maupun orangtua yang tidak mendapatkan imunisasi, ujar Kepala Puskesmas.

Kepala Distrik Yapen Timur mengatakan, kerja sama lintas sektoral sangat diperlukan guna menyukseskan Sub Pekan Imunisasi Nasional Polio putaran II ini dan memberikan hak kepada anak-anak Yapen Timur dalam perlindungan dan layanan kesehatan yang berkualitas sesuai amanat Undang-undang. Dia berharap, para Aparat Kampung dapat menyampaikan informasi ini agar masyarakat yang punya anak usia 0-15 tahun dibawa ke pos pelayanan PIN Polio terdekat, harapnya.

Babinsa pun turut menambahkan bahwa sangat penting bagi para orang tua untuk membawa setiap anak balita hingga remaja ke pos-pos kesehatan Posyandu dan Puskesmas untuk memastikan anak-anak mereka mendapatkan perlindungan terhadap polio selama PIN Polio berlangsung. Bagi warga yang sudah membawa anaknya, agar memberitahukan juga kepada warga sekitarnya untuk membawa anak mereka agar mendapat Vaksin Polio, tentunya kami para Babinsa pun akan turut membantu mengajak seluruh masyarakat Yapen Timur untuk mengikuti PIN Polio ini, himbau Rizal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here