HELIKOPTER MI 17 MILIK TNI AD JATUH DI KAWASAN INDUSTRI KENDAL

0
67
Heli MI 17 Milik TNI AD Jatuh Di Kendal. Sumber Gambar antaranews.com
Heli MI 17 Milik TNI AD Jatuh Di Kendal. Sumber Gambar antaranews.com

KENDAL, “tabloidnusantara.com”. – Helikopter jenis MI 17 milik TNI AD jatuh dan terbakar di Kawasan Industri Kendal, Jawa Tengah, pada hari Sabtu (6/6) pukul 14.00 WIB. Sebelumnya, sempat terdengar bunyi letusan dari kerangka helikopter yang terbakar dan empat penumpang dikabarkan tewas dalam kecelakaan Helikopter MI 17 tersebut.

Salah satu saksi mata, Sarwono, pengawas lapangan di Kawasan Industri Kendal mengaku melihat detik-detik jatuhnya Helikopter MI 17 yang diinformasikan membawa 9 (Sembilan) penumpang tersebut. Menurutnya, heli terlihat dari arah barat dengan terbang rendah. ‘’Heli terlihat terbang rendah di atas atap pabrik. Tidak berapa lama oleng ke kanan seperti hendak mendarat,’’ katanya. Sarwono menjelaskan bahwa saat di udara heli tidak terbakar. Namun, setelah jatuh ke tanah baru keluar asap tebal dan diikuti api. “Saya tidak tahu harus berbuat apa. Tidak berapa lama datang mobil pemadam bersama petugas,’’ jelas Sarwono seperti dikutip dari suaramerdeka.com.

Dalam siaran pernya Kepala Dinas Penerangan TNI AD, Brigjen TNI Nefra Firdaus mengatakan bahwa helikopter dengan nomor registrasi HA 5141 tersebut, sedang melaksanakan misi latihan terbang di Pusat Pendidikan Penerbang AD Semarang sebagai bagian program pendidikan calon perwira penerbang. Musibah itu menewaskan 4 (empat) orang penumpang dan (lima) luka-luka.

“Helikopter dinyatakan dalam kondisi baik sebelum terbang. Saat dilaksanakan pre-flight check tidak ditemukan hal-hal menonjol. Selain itu, misi latihan terbang endurance pertama (sebelum misi ke-2) juga berjalan dengan aman. Sekitar Sabtu pukul jam 12.35 helikopter melaksanakan misi latihan terbang endurance kedua dengan materi terbang tactical manuver,’’ tuturnya.

Untuk mengetahui masalah penyebab jatuhnya Helikopter MI 17 yang menewaskan 3 (tiga) orang di tempat dan 1 (satu) orang dalam perjalanan kerumah sakit tersebut, Kadispenad menyampaikan bahwa untuk mengetahui penyebab terjadinya kecelakaan secara detail, pihaknya akan dilaksanakan investigasi lebih lanjut agar dapat diketahui secara detail penyebab kecelakaan tersebut.

Data yang berhasil dihimpun, awak Heli MI 17 yang meninggal adalah Kapten Cpn Kadek, Kapten Cpn Fredi, Kapten Cpn Y Hendro, dan Lettu Cpn Wisnu. Sementara korban luka-luka dan berhasil dievakuasi adalah Lettu Cpn Vira Yudha, Praka Nanang, Praka Rofiq, Praka Supriyanto, dan Praka Andik.

Sumber Berita: suaramerdeka.com

Tinggalkan Balasan