DITEMUKAN 979 KASUS POSITIF COVID-19 BARU, SEBAGIAN BESAR ORANG TANPA GEJALA (OTG)

0
194
Achmad Yurianto. Sumber Gambar covid19.go.id
Achmad Yurianto. Sumber Gambar covid19.go.id

JAKARTA, “tabloidnusantara.com”. – Contact pressing secara agresif saat ini sedang gencar dilakukan oleh pemerintah melalui dinas kesehatan di masing-masing daerah. “Daerah-dareah yang hari ini dilakukan contact pressing secara agresif meliputi Jawa Timur, DKI Jakarta dan Sulawesi Selatan,” terang Juru Bicara Pemerintah Untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto dalam konferensi pers di Gedung BNPB Jakarta, Kamis (11/6) sore.

Menurut Yuri, data diatas diperoleh dari banyaknya laporan hasil pemeriksaan spesimen yang dilakukan di tiga daerah tersebut. “Hal ini sesuai arahan Presiden untuk mencari seumber penularan yang ada di masyarakat dengan melakukan contact pressing dan melakukan pemeriksaan,” tegas Yuri.

Sementara itu, hari ini telah dilakukan pemeriksaan spesimen sebanyak 16.702 dan total akumulasi spesimen yang diperiksa sampai hari ini sebanyak 463.620, yang dilakukan menggunakan metode Polymerase Chain Reaction (PCR) di 105 laboratorium, Test Cepat Melokuler (TCM) di 80 laboratorium dan laboratorium jejaring (RT-PCR dan TCM) di 211 laboratorium. “Dari pemeriksaan sebanyak ini kita mendapatkan data konfirmasi positif COVID-19 sebanyak 979, sehingga jumlah total kasus positif kita menjadi 35.295 orang,” kata Yuri.

Dari pemeriksaan spesimen juga dihasilkan data bahwa sebagian besar kasus yang ditemukan dan dinyatakan positif pada contact pressing adalah berasal dari kasus tanpa gejala atau dengan gejala yang minimal yang dipresepsikkan bahwa yang bersangkutan tidak mengalami sakit apapun. “Inilah pentingnya bahwa kasus ini harus segera diedukasi untuk bisa melaksanakan protokol isolasi mandiri yang ketat, kalau tidak maka akan menjadi sumber penularan di masyarakat,” tegas Yuri.

Jumlah Terpapar Covid-19 Di Indonesia Per 11 Juni 2020. Sumber Gambar covid19.go.id

Pemerintah juga masih melaksanakan pemantauan secara terus menerus Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 43.414 orang dan melaksanakan pengawasan  secara ketat Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 14.052 orang.

Selain jumlah kasus positif Covid-19, Achmad Yurianto juga menyampaikan adanya penambahan jumlah pasien sembuh sebanyak 507 orang sehingga jumlah total pasien sembuh sampai hari ini sebanyak 12.636 orang dan penambahan kasus kematian sebanyak 41 orang, sehingga jumlah kasus kematian sampai hari ini menjadi 2.000 Orang.

Apabila kemudian dirincikan dari 5 wilayah dengan penambahan kasus per hari ini tertinggi adalah, Provinsi Jawa Timur dengan 297 kasus terkonfirmasi positif baru, namun juga melaporkan kasus sembuh sebanyak 112 orang . Kemudian Sulawesi Selatan melaporkan 141 kasus terkonfirmasi positif baru dan tidak ada laporan pasien sembuh. DKI Jakarta dengan 128 kasus terkonfirmasi positif baru namun juga melaporkan 144 kasus sembuh. Sementara Kalimantan Selatan dengan 69 orang terkonfirmasi positif baru, namun juga melaporkan 36 pasien sembuh. Sedangkan Sumatera Utara melaporkan 45 kasus terkonfirmasi positif baru dengan 12 kasus dilaporkan sembuh.

Selain 5 wilayah tersebut dilaporkan bahwa 424 kota/kabupaten dari 34 provinsi di tanah air sudah terdampak virus ini. “Namun dari wilayah-wilayah yang terdampak 18 provinsi hari ini melaporkan jumlah penambahan dibawah angka 10, bahkan 9 provinsi melaporkan tidak ada penambahan kasus positif. Hal ini menggembirakan disamping masih ada wilayah yang kenaikan jumlah penambahannya cukup signiikan,” papar Yuri.

Sumber Berita: covid19.go.id

Tinggalkan Balasan