DANREM 172/PWY TERIMA, 450 PRAJURIT YONIF MEKANIS 413/BRM PERKUAT KEAMANAN DAERAH PERBATASAN RI-PNG

0
193
Darem 172/PWY, Brigjen TNI Izak Pangemanan mewakili Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab, menerima kedatangan satuan tugas (Satgas Pamtas) RI-PNG Yonif Mekanis 413/BRM, bertempat di Dermaga Satuan Kapal Patroli (Satrol) Lantamal X, Kota Jayapura, pada Minggu (12/7/20).

PAPUA, “tabloidnusantara.com” – Sebanyak 450 prajurit Yonif Mekanis 413/BRM, tiba di Jayapura menggunakan Kapal KRI Teluk Hading milik TNI-AL, akan bertugas mengamankan daerah perbatasan RI-PNG.

Darem 172/PWY, Brigjen TNI Izak Pangemanan mewakili Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab, menerima kedatangan satuan tugas (Satgas Pamtas) RI-PNG Yonif Mekanis 413/BRM, bertempat di Dermaga Satuan Kapal Patroli (Satrol) Lantamal X, Kota Jayapura, pada Minggu (12/7/20).

BACA JUGA : DANREM 172/PWY BERSAMA BUPATI NDUGA RESMIKAN KORAMIL KENYAM

Setibanya di Pelabuhan Jayapura, seluruh prajurit Yonif 413/BRM melaksanakan Protoloker Covid-19 berupa pengukuran suhu tubuh, cuci tangan, pakai masker, penyemprotan disinfektan baik personel dan materiil serta pelaksanaan rapid test oleh Denkesyah Waena. Seluruh personel Yonif 413/BRM dinyatakan negatif. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya pencegahan serta memutus mata Rantai covid-19.

Dalam amanat Pangdam yang dibacakan oleh Danrem, disampaikan agar Satgas Pamtas dapat memahami tugas pokok dan protap-protap yang berlaku. Selain itu, dapat membantu kesulitan masyarakat di sekitar wilayah perbatasan.

“Disamping tugas pokok sebagai satuan tugas pengamanan perbatasan RI-PNG, juga harus membantu pemerintah daerah dalam memberikan pemahaman yang benar tentang adaptasi kehidupan masyarakat baru menuju masyarakat produktif dan aman kepada masyarakat melalui penerapan protokol kesehatan dan kehidupan sehat sehingga dapat memutus mata rantai penyebaran covid-19 di wilayah Papua”, kata Pangdam dalam amanatnya.

Lebih lanjut dikatakan, kehadiran Satgas harus memberi kebaikan bagi masyarakat, bangsa dan negara serta yang perlu dipahami adalah mempelajari karakter, budaya dan kearifan lokal sehingga kehadiran TNI dapat diterima dengan baik oleh masyarakat dimanapun bertugas.

Pangdam juga berharap para prajurit dapat menjalin hubungan yang baik dengan satuan lain, pemerintah daerah maupun tokoh adat, tokoh agama dan instrumen masyarakat lainnya.

BACA JUGA : TNI BERSAMA PUSKESMAS SOTA GELAR PELAYANAN KESEHATAN BAGI LANSIA DI PERBATASAN RI-PNG

Secara terpisah, Danrem menyampaikan bahwa Satgas Pamtas RI-PNG yang bertugas di wilayah Kolakops  Korem 172/PWY saat ini yakni Yonif 713/ST, Yonif 509/BY dan Yonif 300/BJW akan segera diganti.

“Yonif 713/ST akan diganti oleh Yonif 413/BRM yang baru tiba pada hari ini, sedangkan dua satgas pengganti lainnya yakni Yonif 100/PS dan Yonif 312/Kala Hitam masih dalam perjalanan menuju Jayapura, direncanakan akan tiba beberapa hari kedepan”, kata Danrem saat ditemui disela-sela kegiatan.

Tinggalkan Balasan