DANREM 172/PWY, INGATKAN TUPOK DAN PENCEGAHAN COVID KEPADA SATGAS PAMTAS YONIF 413

0
40
Brigjen TNI Izak Pangemanan memberikan materi pembekalan kepada 450 prajurit Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan

ABEPURA, “tabloidnusantara.com” – Komandan Korem (Danrem) 172/PWY selaku Komandan Komando Pelaksana Operasi Brigjen TNI Izak Pangemanan memberikan materi pembekalan kepada 450 prajurit Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-PNG Yonif Mekanis 413/Bremoro, bertempat di Ruang Kelas Asah Asih Asuh Dodik Bela Negara Rindam XVII/Cenderawasih, Distrik Sentani, Kab. Jayapura.

Dalam pembekalannya, Danrem menyampaikan tugas pokok dari satuan perbatasan adalah mengecek patok batas dan menjaga dari adanya pelanggaran-pelanggaran seperti illegal logging, illegal minning, human trafficking, pelintas batas, kriminal bersenjata, penyelundupan narkoba, miras dan lain sebagainya.

BACA JUGA : DANREM 172/PWY TERIMA, 450 PRAJURIT YONIF MEKANIS 413/BRM PERKUAT KEAMANAN DAERAH PERBATASAN RI-PNG

“Dalam menjalankan tugas pokok tersebut, kewaspadaan dan faktor keamanan harus diperhatikan dengan baik karena garis batas itu sangatlah luas”, kata Danrem.

Selain Tugas pokok tersebut, tugas yang tak kalah penting adalah membantu Korem 172/PWY dan pemerintah untuk membangun pemahaman tentang NKRI kepada masyarakat di daerah perbatasan.

“Laksanakan kegiatan territorial yang dapat bermanfaat di daerah perbatasan terutama dalam meningkatkan taraf ekonomi masyarakat di perbatasan dan jalin terus kerjasama serta komunikasi kepada seluruh komponen masyarakat. Hal itu penting karena tanpa adanya bantuan dari mereka, pelaksanaan tugas tak mungkin berjalan dengan baik”, ujar Danrem.

Terkait Covid-19, Danrem menyampaikan Papua juga termasuk dalam wilayah yang terdampak pandemi ini. Seluruh stake holder dan masyarakat bahu-membahu melakukan berbagai upaya dalam menghentikan penyebaran virus covid-19 di tanah Papua.

“Kalian juga harus membantu pemerintah daerah dalam memberikan pemahaman yang benar tentang social distancing serta kebiasaan hidup sehat. Sehingga dapat menghentikan penyebaran covid-19 yang semakin meningkat melalui koordinasi dengan aparat kowil dan pemerintah daerah setempat”, kata Danrem.

Selain itu, Danrem juga mengingatkan tentang malaria yang masih menjadi momok bagi prajurit penugasan dari luar Papua. Jaga daya tahan tubuh dengan rutin berolahraga dan mengkonsumsi makanan sehat seperti mengkonsumsi daun pepaya dan pare, kedua sayuran tersebut dipercaya dapat menekan malaria dalam tubuh.

Tinggalkan Balasan