COVID-19 DI INDONESIA TERUS MELUAS, PER 26 MEI 2020 BERTAMBAH 415 ORANG

0
165
Achmad Yurianto. Sumber Gambar covid19.go.id
Achmad Yurianto. Sumber Gambar covid19.go.id

JAKARTA, “tabloidnusantara.com”. – Penambahan kasus positif Covid-19 masih terus terjadi di tanah air. Penyebaran virus corona masih terus berlangsung di tengah-tengah masyarakat. Berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah untuk menghambat penyebaran ini. Namun keterlibatan masyarakat dinilai sangat penting untuk berdisiplin mematuhi aturan, himbauan dan anjuran pemerintah tentang protocol kesehatan. Bertambahnya kasus positif hari ini telah disampaikan pemerintah berdasarkan data Gugus Tugas dalam konferensi pers yang dilaksanakan di Gedung BNPB Jakarta, Selasa (26/5) sore.

Juru Bicara Pemerintah Untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto mengumumkan bahwa dalam 24 jam terakhir terhitung mulai hari Senin (25/5) pukul 12.00 WIB sampai dengan Selasa (26/5) pukul 12.00 WIB terjadi penambahan kasus positif sebesar  415 orang. Penambahan tersebut didasari dari hasil pemeriksaan sejumlah 264.098 spesimen  yang dilakukan menggunakan metode Polymerase Chain Reaction (PCR), Test Cepat Melokuler (TCM) dan Laboratorium jejaring (RT-PCR dan TCM). Dari hasil tersebut didapatkan kasus terkonfirmasi positif Covid-19  sebanyak 415  orang sehingga jumlah kasus positif berjumlah 23.165 kasus.

Sementara itu menurut Yuri, penambahan juga terjadi pada kasus pasien sembuh sejumlah 235 orang sehingga jumlah total pasien sembuh sampai hari ini menjadi 5.877 orang. Sedangkan kasus meninggal bertambah 27 orang sehingga jumlah total meninggal akibat Covid-19 berjumlah 1.418 orang. Pemerintah juga masih melaksanakan pemantauan sejumlah 65.748 kasus orang dalam pengawasan (ODP) secara terus menerus dan mengawasi secara ketat sejumlah 12.022 pasien dalam pengawasan (PDP).

Sejumlah 406 kota/kabupaten dari 34 provinsi sudah terdampak virus corona ini. Berdasarkan sebaran wilayah Covid-19, tiga wilayah terbesar masih berada di DKI Jakarta, Jawa Timur dan Jawa Barat. DKI Jakarta sampai hari ini tercatat jumlah kasus terkonfirmasi positif sebanyak 6.798, sementara pasien sembuh tercatat 1.668 orang, sedangkan yang meninggal berjumlah 501 orang. Provinsi Jawa Timur tercatat 3.943 kasus terkonfirmasi positif, sementara pasien sembuh berjumlah 506 orang dan kasus meninggal sebanyak 301 orang. Provinsi Jawa Barat tercatat 2.130 orang terkonfirmasi positif, sedangkan pasien sembuh berjumlah 505 orang, sedangkan kasus meninggal sebanyak 137 orang.

Melihat peningkatan dan penularan yang terus berlangsung, Yuri mengajak kepada masyarakat untuk menjalani norma hidup yang baru, memulai normal yang baru dengan berbasis kepada kebiasaan dan pembisasaan pola hidup yang bersih dan sehat. “Mari membiasakan diri untuk rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama minimal 20 detik, kemudian kita harus mulai berpikir apabila dihadapkan pada pilihan keluar rumah atau tidak, apabila dipertimbangkan tidak terlalu penting maka lebih baik tidak keluar rumah, namun apabila kita harus keluar rumah gunakan masker dan batasi waktunya,” tegas Yuri.

Yuri juga menghimbau kepada masayarakat apabila kita harus bekerja maka diharapkan menjaga ruang kerja dan lingkungan supaya tetap mengedepankan kebersihan, mengedepankan jaga jarak dan menyiapkan fasilitas yang mudah diakses untuk melaksanakan cuci tangan. “Hindari kerumunan, hindari pertemuan dengan jarak kontak yang kurang dari satu meter, hindari kebiasaan penggunaan fasilitas bersama secara bergantian, namun apabila tidak memungkinkan, upayakan fasilitas tersebut diyakinkan untuk selalu dibersihkan secara rutin, secara rutin dipastikan higeneunya,” lanjut Yuri.

Sumber Berita: covid19.go.id

Tinggalkan Balasan