Acara Lepas Sambut Pangdam XVII/Cenderawasih Digelar Di Hotel Suni Abepura Jayapura Papua

Acara Lepas Sambut Pangdam XVII/Cenderawasih Digelar Di Hotel Suni Abepura Jayapura Papua

0
147

Jayapura, Tabloid Nusantara ~ Dalam rangkaian Serah Terima Jabatan Pangdam XVII/Cenderawasih, Kodam menggelar acara lepas sambut Pangdam XVII/Cenderawasih dari Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa kepada Mayjen TNI Izak Pangemanan, M.Han, bertempat di Hotel Suni Abepura, Jl. Baru Pasar Lama, Kelurahan Wai Mhorock, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Papua, Kamis (25/5/2023).

Demikian disampaikan Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Kav Herman Taryaman, S.I.P., M.H. dalam keterangannya.

Hadir pada acara lepas sambut Pangdam XVII/Cenderawasih, Pejabat TNI Polri, para Unsur Forkopimda Provinsi Papua, Unsur Forkopimda Tingkat Kabupaten Se-Provinsi Papua, Para Rektor Perguruan Tinggi di Papua, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Perempuan dan Tokoh Pemuda serta para Ketua Paguyuban.

Pada kesempatan tersebut, Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan, dukungan dan kerjasamanya dari semua elemen masyarakat selama menjabat Pangdam XVII/Cenderawasih.

“Pada kesempatan yang baik ini saya pertama-tama mengucapkan selamat kepada kakak saya Mayor jenderal TNI Izak Pangemanan yang beberapa hari yang lalu dilantik sebagai Pangdam XVII/Cenderawasih yang mana saya rasa beliau ini tadi sudah dijelaskan di Kodam bahwa beliau sudah jelaskan hampir semua pangkatnya beliau itu didapat di bumi Papua ini jadi kalau saya baru merasa sedikit, beliau ini sudah yang paling banyak karena bumi Papua sudah memberikan rahmat dan diberkatinya kepada Pak Izak dengan memberikan kesempatan menjabat Pangdam XVII/Cenderawasih agar bisa memberikan berkat kepada masyarakat Papua dan saya siap mendukung juga,” ucap Mayjen TNI Muh. Saleh Mustafa.

“Beliau sama-sama dengan saya di Kopassus dan memang sebagai kakak saya akui bahwa pengalaman beliau di tanah Papua paling banyak jadi mudah-mudahan ke depan semakin sejahtera semakin maju semakin baik dan tentunya ini akan menjadi harapan kita bersama.”

“Pada momen yang baik ini kesan saya pertama datang ke sini begitu diterima di gedung sasana Krida, saya bilang saya datang ke tanah Papua dengan moto mari torang baku bawa baik yang artinya mari kita berlomba dalam kebaikan tidak melihat Agama, status, tidak melihat TNI Polri dan semuanya tapi siapa saja yang bisa memberikan kebaikan maka dia akan menjadi juara-juara dalam perlombaan tersebut berlomba-lomba dalam kebaikan bahasanya dari situ,” tambahnya.

Lebih lanjut, kesan saya berikutnya adalah hubungan Forkopimda yang terjalin yang begitu akrab, Saya rasakan tanah Papua ini memang sangat-sangat luar biasa oleh karena itu pesan saya khususnya kepada kita semuanya mari kita jaga tanah Papua ini sebagai tanah yang benar-benar diberkati sebagai tanah yang benar-benar dirahmati mungkin semua daerah dirahmati dan diberkati tapi karena ada persoalan di sini maka Tuhan akan melihat tangan-tangan siapa yang akan menjadi solusi dari persoalan-persoalan tersebut,” tutup Mayjen TNI Muh. Saleh Mustafa.

Di tempat yang sama, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan, M.Han mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa atas pengabdian yang telah di berikan kepada Kodam XVII/Cenderawasih dan masyarakat Papua banyak yang Jenderal sudah berikan di Bumi Cenderawasih baik prestasi ataupun keberhasilan semuanya akan kami pegang dan lanjutkan dalam memberikan pengabdian yang terbaik di masa yang akan datang semoga Jenderal beserta keluarga selalu memperoleh petunjuk dan perlindungan dari Tuhan Yang Maha Kuasa dalam mengemban tugas yang baru.

“Selanjutnya kedepan saya berharap kita semua bisa bekerja sama, bersinergi dan berkolaborasi, melakukan yang terbaik serta mulia, untuk mewujudkan kedamaian agar pembangunan di wilayah Provinsi Papua yang kita cintai dapat dapat berjalan sesuai dengan harapan kita bersama,” ungkap Pangdam XVII/Cenderawasih.

“Sementara itu Papua bukan persoalan TNI tapi persoalan bangsa persoalan kita semua dimana kita semua harus mengambil bagian dalam menyelesaikan permasalahan ini tidak terlepas juga masyarakat kita juga harus kita libatkan dalam penyelesaian masalah di Papua ini kami TNI akan terus membangun jembatan-jembatan perbedaan antara ada yang bilang NKRI ada yang bilang Papua merdeka ini ada dua pemikiran yang berbeda mungkin kita ingin membangun jembatan itu.”

“Mudah-mudahan keberadaan Kodam XVII/Cenderawasih akan bisa memberikan hubungan antara dua perbedaan yang terpisah selama ini yang saat ini memang kelihatan masih menimbulkan permasalahan di Papua kami juga siap untuk menjadi mediator bila masyarakat yang ada di kampung-kampung yang selama ini mungkin ada permasalahan-permasalahan yang belum terselesaikan karena memang keterbatasan pemerintah sampai jauh ke pelosok sana kami TNI siap untuk mendukung itu,” tegasnya.

Lebih lanjut, tentunya kami akan berangkat dari apa yang sudah menjadi kebijakan negara. Kita akan berangkat dari situ karena itu kebijakan Pemerintah Pusat yang harus kita tindak lanjuti,” imbuh Mayjen TNI Izak Pangemanan.

Sementara itu, disini Kodam XVII/Cenderawasih akan berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat Papua dan sekali lagi saya mohon dukungan dari semua komponen masyarakat yang ada di Papua dari kampung-kampung sampai ke Provinsi semoga keberadaan kami bisa menjadi berkat di tanah Papua,” pungkas Pangdam XVII/Cenderawasih.

Ditempat yang sama Plh. Gubernur Provinsi Papua Dr. H. Muhammad Ridwan Rumasukun, S.E., M.M., menyampaikan bahwa kita yang Hadir ini menunjukkan kita sayang kepada Bapak Pangdam XVIICenderawasih bersama ibu, Dedikasi yang diberikan oleh Bapak Muh.Saleh itu beliau berikan sepenuhnya hati dan jiwa raganya bagi kita semua perkenalan beliau belum setahun tapi memberikan kesan yang baik di tanah Papua.

“Semoga Pak Muh. Saleh Bintangnya bisa cepat bertambah, lagu lembah sunyi membuat kenangan sendiri bagi Pak Izak karena beliau waktu muda tinggal di lembah sunyi dan tidak semua orang diberikan kesempatan untuk datang mengabdi di tanah Papua karena hatinya baik orangnya baik semoga Bapak Muh. Saleh bisa sukses di tempat yang baru,” ucap Plh. Gubernur Provinsi Papua.

“Selanjutnya menjelang Pemilu nanti semua bisa berjalan dengan baik mohon dukungan kita semua, kita doakan bersama kepada Bapak Izak agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here